Selama Empat Tahun Pertama Era Kemerdekaan, Bangsa Indonesia Memasuki Masa Perang Yang Dipaksakan Oleh Kolonialis Belanda. Dalam Menghadapi Kekuatan Belanda Pada Saat Itu (1945-1949), Para Pemimpin Kita Terjebak Dalam Dua Strategi. Di Satu Pihak Ada Yang Menghendaki Ditempuhnya Strategi Perundingan Atau Diplomasi, Sedangkan Di Pihak Lain Menghendaki Berjuang Sampai Titik Darah Penghabisan Dalam Menghadapi Belanda. Selain Itu, Konflik Muncul Di Antara Kekuatan-kekuatan Pejuang Dengan Latar Belakang Ideologi. Kutipan Tersebut Dapat Menunjukkan Pengertian Sejarah Secara Objektif Karena?

Selama empat tahun pertama era kemerdekaan, bangsa Indonesia memasuki masa perang yang dipaksakan oleh kolonialis Belanda. Dalam menghadapi kekuatan Belanda pada saat itu (1945-1949), para pemimpin kita terjebak dalam dua strategi. Di satu pihak ada yang menghendaki ditempuhnya strategi perundingan atau diplomasi, sedangkan di pihak lain menghendaki berjuang sampai titik darah penghabisan dalam menghadapi Belanda. Selain itu, konflik muncul di antara kekuatan-kekuatan pejuang dengan latar belakang ideologi. Kutipan tersebut dapat menunjukkan pengertian sejarah secara objektif karena?

  1. mengisahkan pengalaman ketika menjadi pejuang revolusi
  2. menunjukkan kebanggaan diri sebagai seorang pejuang
  3. mengemukakan fakta-fakta yang tidak diketahui umum
  4. mengungkapkan peristiwa yang benar-benar terjadi
  5. menceritakan pengalaman pribadi seseorang pada masa lalu

Jawaban yang benar adalah: D. mengungkapkan peristiwa yang benar-benar terjadi.

Dilansir dari Ensiklopedia, selama empat tahun pertama era kemerdekaan, bangsa indonesia memasuki masa perang yang dipaksakan oleh kolonialis belanda. dalam menghadapi kekuatan belanda pada saat itu (1945-1949), para pemimpin kita terjebak dalam dua strategi. di satu pihak ada yang menghendaki ditempuhnya strategi perundingan atau diplomasi, sedangkan di pihak lain menghendaki berjuang sampai titik darah penghabisan dalam menghadapi belanda. selain itu, konflik muncul di antara kekuatan-kekuatan pejuang dengan latar belakang ideologi. kutipan tersebut dapat menunjukkan pengertian sejarah secara objektif karena mengungkapkan peristiwa yang benar-benar terjadi.

Baca Juga  Berikut Ini Jenis Pekerjaan Yang Berhubungan Dengan Kegiatan Produksi Yang Menghasilkan Barang Adalah?

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. mengisahkan pengalaman ketika menjadi pejuang revolusi adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. menunjukkan kebanggaan diri sebagai seorang pejuang adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Baca Juga  Dibawah Ini Contoh Sikap Yang Sesuai Dengan Persatuan Dan Kesatuan Adalah?

Menurut saya jawaban C. mengemukakan fakta-fakta yang tidak diketahui umum adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban D. mengungkapkan peristiwa yang benar-benar terjadi adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Baca Juga  Prinsip Efisiensi Dalam Pengelokasian Dana Benorentasi Bahan Penggunaan Dana Pada Investasi Usaha Diharapkan Memberi Keuntungan Dimasa Yang Akan Datang, Adalah Merupakan Fungsi Manajemen Keuangan?

Menurut saya jawaban E. menceritakan pengalaman pribadi seseorang pada masa lalu adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah D. mengungkapkan peristiwa yang benar-benar terjadi.

Baca Juga  Ikan Hiu Mengalami Perkembangan Bertelur Dan Beranak. Istilah Dari Bertelur Dan Beranak Adalah?

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Leave a Comment