Isu Kerusakan Lingkungan Akibat Penambangan Pasir Laut Muncul Pada Awal Tahun 2003, Tidak Semata Persoalan Teknis, Tetapi Juga Terkait Persoalan Sosial-politik Berkaitan Dengan Akses Pemanfaatan Dan Kontrol Atas Sumberdaya Alam. Berikut Pernyataan Yang Tepat Terkait Persoalan Sosial-politik Dalam Permasalahan Isu Lingkungan. Yakni?

Isu kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir laut muncul pada awal tahun 2003, tidak semata persoalan teknis, tetapi juga terkait persoalan sosial-politik berkaitan dengan akses pemanfaatan dan kontrol atas sumberdaya alam. Berikut pernyataan yang tepat terkait persoalan sosial-politik dalam permasalahan isu lingkungan. yakni?

  1. Berbagai kawasan konservasi dikembangkan oleh pemerintah dan swasta baik berupa taman nasional taman wisata alam maupun suaka alam
  2. kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir laut adalah akibat ketidak setaraan relasi kekuasaan antara nelayan, pengusaha pasir laut, dan negara
  3. Ketika stok ikan menurun dan terumbu, karang sudah rusak, maka yang dikembangkan adalah solusi teknis bagaimana merehabilitasi terumbu karang?
  4. Degradasi lingkungan akibat eksploitasi berlebihan dan merupakan hal yang legal karena ada ijin dari negara
  5. Berbagai masalah sumberdaya alam yang muncul baik di laut, udara, dan darat selama ini dipahami sebagai masalah teknis bukan masalah sistem

Jawaban yang benar adalah: B. kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir laut adalah akibat ketidak setaraan relasi kekuasaan antara nelayan, pengusaha pasir laut, dan negara.

Dilansir dari Ensiklopedia, isu kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir laut muncul pada awal tahun 2003, tidak semata persoalan teknis, tetapi juga terkait persoalan sosial-politik berkaitan dengan akses pemanfaatan dan kontrol atas sumberdaya alam. berikut pernyataan yang tepat terkait persoalan sosial-politik dalam permasalahan isu lingkungan. yakni kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir laut adalah akibat ketidak setaraan relasi kekuasaan antara nelayan, pengusaha pasir laut, dan negara.

Baca Juga  Hubungan Antarmakhluk Hidup Berikut Yang Membentuk Simbiosis Mutualisme Adalah?

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Berbagai kawasan konservasi dikembangkan oleh pemerintah dan swasta baik berupa taman nasional taman wisata alam maupun suaka alam adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir laut adalah akibat ketidak setaraan relasi kekuasaan antara nelayan, pengusaha pasir laut, dan negara adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Baca Juga  Peristiwa Konflik Dan Pergolakan Yang Berkait Dengan Sistem Pemerintahan Salah Satunya Perlawanan Yang Terjadi Akibat Adanya Ketidakpuasan Beberapa Daerah Di Wilayah Indonesia Terhadap Kebijakan Pemerintahan Pusat, Yang Dinilai Tidak Adil Dan Semakin Condong Ke Kiri (komunis), Yaitu Perlawanan Dari?

Menurut saya jawaban C. Ketika stok ikan menurun dan terumbu, karang sudah rusak, maka yang dikembangkan adalah solusi teknis bagaimana merehabilitasi terumbu karang? adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. Degradasi lingkungan akibat eksploitasi berlebihan dan merupakan hal yang legal karena ada ijin dari negara adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Baca Juga  PON Pertama Kali Diadakan Di Indonesia Diselenggarakan Pada Tahun?

Menurut saya jawaban E. Berbagai masalah sumberdaya alam yang muncul baik di laut, udara, dan darat selama ini dipahami sebagai masalah teknis bukan masalah sistem adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir laut adalah akibat ketidak setaraan relasi kekuasaan antara nelayan, pengusaha pasir laut, dan negara.

Baca Juga  Kegiatan -yang Masuk Dalam Lingkup Dalam Panduan Manajemen Penunjang Pemeriksaan Adalah Sebagai Berikut, Kecuali?

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Leave a Comment