Edukasiana.net

Belajar Tanpa Batas Di Edukasiana Yang Menyajikan Bacaan Seputar Materi Pelajaran Sekolah SD, SMP, SMA, SMK Dan Madrasah (MI, MTs dan MA) Serta Materi lainnya.

WA Web | Cara Memasang dan Menggunakan WhatsApp Web di Komputer

WhatsApp | WA Web - Apakah kamu termasuk orang yang mobilitas nya tinggi di depan komputer? hingga kadang lupa mengecek pesan penting atau bahkan kita tidak sadar ada pesan masuk ke WhatsApp kita, nah salah satau solusinya bisa dengan menggunakan WhatsApp (WA) Web atau Memasang WA versi Desktop. Untuk menggunakan WhatsApp Web di komputer kita hanya menggunakan peramban Web Browser seperti Google Chrome, Firefox, Safari, Opera, Edge dan peramban web browser lainnya. Sedangkan WA Versi desktop kita harus mengunduh dan menginstall nya terlebih dahulu.


Cara memasang WhatsApp dan menggunakan Wa Web pada komputer

Memasang (Install) WhatsApp disini adalah versi desktop yang bisa kamu unduh kemudian pasang pada komputer Windows atau Mac Os kamu, Jika ingin menggunakan tanpa install software, lewati saja langkah pertama dan gunakanlah WA Web.
Konten :
1. Cara memasang WhatsApp di Komputer
  a. Memasang WhatsApp pada Windows 8.1+
  b. Memasang WhatsApp pada Mac OSX 10.9+
2. Menggunakan Wa Web pada komputer
3. Penyelesaian Masalah WA Web
  a. Masalah Konektivitas Telepon
  b. Masalah Konektivitas Komputer
  c. Masalah pada koneksi Wi-Fi
4. Cara Log Out dari WhatsApp Web

1. Cara memasang WhatsApp di Komputer


Kita dapat menggunakan WhatsApp menggunakan secara langsung dari komputer desktop browser. Buka situs web WhatApp dari browser komputer, unduh di Microsoft Store (untuk pengguna Windows) atau Apple App Store (untuk pengguna Mac). WhatsApp hanya dapat dipasang (Install) pada komputer sistem operasi Windows 8.1 (atau yang lebih baru) atau Mac OSX 10.9 (atau yang lebih baru). Jika komputer kamu tidak memenuhi persayaratan tersebut maka sebagai alternatif, gunakanlah WhatsApp (WA) Web.

a. Memasang WhatsApp pada Windows 8.1+

Unduh WhatsApp dalam bentuk file .exe disini (64 Bit) dan disini (32 Bit). Jika unduhan sudah selesai, buka file WhatsApp.exe yang telah berhasil di unduh tadi untuk di install pada komputer sampai selesai, kemudian buka WhatsApp dan pindai kode QR* dengan aplikasi WA di Handphone mu.

b. Memasang WhatsApp pada Mac OSX 10.9+

Unduh WhatsApp dalam bentuk file .dmg disini. Jika unduhan sudah selesai, buka file WhatsApp.dmg yang telah berhasil di unduh tadi untuk di install pada Macbook sampai selesai, kemudian buka WhatsApp dan pindai kode QR* dengan aplikasi WA di Handphone mu. Sebagai alternatif, kamu juga dapat mengunduh dan memasang WhatsApp via Apple App Store

Catatan: WhatsApp desktop tidak mendukung Processor ARM (Processor yang biasa di pakai di perangkat mobile seperti Smartphone) dan Sistem Operasi (OS) berbasis Linux.

2. Menggunakan Wa Web pada komputer


Buka web.whatsapp.com di browser Chrome, Firefox, Edge, Safari, atau Opera pada desktop kamu lalu pindai kode QR* WhatsApp aplikasi WA di Handphone mu. Sebagian fungsi mungkin tidak ada pada WhatsApp We, karena keterbatasan browser.


*Cara untuk memindai kode QR :
Pada Android: Layar Chatting > Menu > WhatsApp Web.
Pada iPhone 8.1+: Pengaturan > WhatsApp Web.
Pada Windows Phone 8.1+: Layar Chatting > Menu > WhatsApp Web.

3. Penyelesaian Masalah WhatsApp


Jika kamu kendala seperti tidak dapat mengirim atau menerima pesan pada WhatsApp Web, biasanya kesalahan ada pada konektivitas telepon dan komputer. Untuk itu cara untuk mengatasinya ialah sebagai berikut :

a. Masalah Konektivitas Telepon

Untuk menjalankan WhatsApp (WA) Web kamu juga harus mengaktifkan WA Pada Smartphone untuk mensinkronisasikan pesan-pesan, sehingga kamu dapat melihat pesan-pesan tersebut baik di web maupun di telepon. Syarat utama untuk dapat menggunakan WhatsApp (WA) Web adalah sebuah akun WhatsApp aktif di Smartphone kamu.

Jika masalah terjadi misalnya kamu tidak dapat terhubung ke WhatsApp pada smartphone, maka kamu tidak akan dapat menggunakan WhatsApp Web sehingga tidak dapat menerima atau mengirim pesan. Untuk mengatasi masalah tersebut, buka WhatsApp pada telepon kamu dan cobalah untuk mengirimkan pesan. Jika masih tidak bisa, coba masuk mode pesawat terus kembali aktipkan lagi data selluar Smarpthone kamu. Kemudian coba kirim pesan WhatsApp (WA) dari Smartphone. Jika sudah bisa mengirim pesan terus kamu coba lagi buka WhatsApp (WA) Web tetap tisdak bisa mengirim dan menerima pesan maka biasa masalah terjadi pada koneksi komputer.

b. Masalah Konektivitas Komputer


WhatsApp pada telepon harus terhubung dengan internet, untuk menggunakan WhatsApp Web juga demikian. Jika kamu melihat bar kuning pada pada bagian atas daftar chatting dengan pesan kesalahan ini "Komputer Tidak Terhubung", periksa dan pastikan bahwa koneksi Internet di komputer kamu aktif. Jika sekiranya koneksi Internet komputer kamu bekerja dengan normal dan kamu tetap tidak dapat mengirim dan menerima pesan di WhatsApp Web, cobalah untuk menyegarkan (refresh) halaman tersebut. Jika masalah masih tetap terjadi, silakan coba untuk keluar (log out) dan masuk (log in) kembali untuk mengaktifkan sesi web kamu: Tekan menu < Pilih Keluar < Ikuti instruksi pada layar untuk masuk kembali dan mengaktifkan sesi.

Penting: kamu harus menggunakan versi terbaru browser Chrome, Firefox dan lainnya untuk dapat menggunakan WhatsApp Web. kecuali Internet Explorer karena tidak mendukung.

c. Masalah pada koneksi Wi-Fi

Jika kamu menggunakan WhatsApp Web pada jaringan Wi-Fi yang dikelola, seperti misalnya di kantor maupun di kampus, kemungkinan jaringan Wi-Fi diatur dengan cara memblokir atau membatasi koneksi ke WhatsApp Web. Jika pada WhatsApp Web terdapata pesan bahwa kamu berada pada sebuah jaringan yang menghalangi WhatsApp Web untuk bekerja dengan normal, maka kamu harus menanyakan pada admin jaringan tersebut untuk memberikan akses traffic ke web.whatsapp.com, *web.whatsapp,com, dan *.whatsapp.net.

4. Cara Keluar (Log Out) dari WhatsApp Web


Kamu Ingin keluar dari WhatsApp (WA) Web? tapi kamu sedang tidak berada di dekat komputer! tenang saja, ikuti langkahnya dibawah ini :

Buka WhatsApp pada Smartphone > Buka Menu/Pengaturan > WhatsApp Web > Keluar dari semua komputer.

Setelah kamu menekan menu keluar dari semua komputer, semua sesi aktif/login yang sebelumnya akan dinonaktifkan, dan jika kamu WhatsApp Web di komputer, maka harus memindai kembali kode QR.